SOLUSI KAMI - menghemat biaya investasi aplikasi perkantoran OPEN OFFICE


Open Office, apa sih Open Office? Kita simak sedikit sebenarnya apa itu Open Office.
OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain-lain. OpenOffice adalah aplikasi berkode sumber terbuka, artinya semua orang yang memiliki kemampuan dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan yang ia inginkan dengan syarat tidak menghapus credit atau penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada pengembangan OpenOffice sebelumnya. Paket aplikasi ini dapat diperoleh gratis di website openoffice.org, yang terdiri dari komponen pengolah kata (word prosessor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor dan gudang data atau database. OpenOffice ditujukan sebagai pengganti dari Microsoft Office yang berlisensi amat mahal. Open Office dapat dijalankan dari berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Solaris, Linux dan Mac. OpenOffice mendukung format standar dokumen terbuka dengan ekstensi .odt yang dapat dipertukarkan dengan bebas.
Open Office
OpenOffice bukanlah paket aplikasi yang pertama karena sebenarnya OpenOffice dikembangkan dari kode sumber StarOffice, yang merupakan office suite yang dikembangkan oleh StarDivision yang pada akhirnya diakusisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999. Pada Juli 2000, kode sumber StarOffice dilepas sebagai proyek sumber terbuka oleh Sun, dengan tujuan untuk mengimbangi pasar pengguna Microsoft Office dengan menyediakan aplikasi yang berbiaya rendah namun berkualitas tinggi. Proyeknya dikatakan sebagai OpenOffice, namun untuk rilis resminya tidak menggunakan nama yang sama karena hal ini adalah nama sebuah merk dagang yang dimiliki kelompok lain sehingga mereka mengambil OpenOffice.org sebagai nama resminya.
Komponen dalam OpenOffice.org adalah :
  1. OpenOffice.org Writer, adalah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah huruf dan kata. Aplikasi yang ini sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll. Dokumen yang ada dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Word.
  2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office namun memiliki beberapa perbedaan kecil. Dokumen yang dibuat dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Excell.
  3. OpenOffice.org Impress, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PowerPoint pada Microsoft Office. Dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh pengguna Microsoft PowerPoint.
  4. OpenOffice.org Draw, adalah aplikasi yang digunakan untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office. Selain itu aplikasi ini memberikan sedikit fungsi dasar yang ada pada CorelDraw.
  5. OpenOffice.org Math, adalah aplikasi yang digunakan untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
  6. OpenOffice.org Base, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office. Database yang digunakan dapat dibaca oleh aplikasi Microsoft Access.
Itulas sedikit tentang apa itu Open Office dan apa saja di dalamnya. Kenapa Open Office sangat menghemat biaya? Apalagi jika digunakan dalam sebuah perusahaan besar yang mempunyai perangkat komputer yang banyak dan membutuhkan Office untuk kerja perkantorannya. Saat kuliah Aplikasi Perkantoran hari jum’at tanggal 30 November 2012 dosen saya menjelaskan betapa efisiensinya jika dalam perusahaan menggunakan Open Office sebagai aplikasi perkantoran yang mereka butuhkan. Bayangkan saja, kini Harga Ms. Office cukup mahal misalnya saja kita patok harga Ms.Office sekitar 800ribu, dan dalam sebuah perusahaan mempunyai lebih dari 20 Personal Komputer. Sangat banyak sekali bukan biaya yang harus dikeluarkan. Tapi jika dalam sebuah perusahaan menggunakan Open Office yang gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya, bayangkan berapa penghematan yang dilakukan untuk hal itu. Dan hal ini juga akan berpengaruh bagi kemajuan perusahaan tersebut.
Open Office biasanya banyak dijumpai pada system operasi linux, tapi sudah disediakan juga software bagi system operasi yang lain. Tapi sudah banyak juga pengguna linux yang tidak memakai Open Office tapi beralih ke Libre Office. Libre Office juga merupakan aplikasi untuk office secara gratis tidak berbayar. Tidak ada banyak perbedaan antar Open Office dan Libre Office, kareba Libre Office merupakan pengembangan dari Open Office.
Open Office diciptakan oleh pembuatnya dengan tujuan bisa digunakan secara global dan memberikan manfaat bagi semua orang. Karena itulah Open Office ini aplikasi Office yang tidak berbayar. Tapi mungkin banyak sekali orang yang masih belum beralih pada Open Office dengan berbagai macam alasan. Mulai dari ‘enggak biasa pakai open office’, ‘tapilannya biasa saja’, ‘masih bingung cara mengoperasikannya’, dan berbagai macam alasan lain. Tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba menggunakan Open Office sebagai penghematan dan menghargai si pembuat yang ingin menjadikan Open Office berguna bagi setiap orang.
Keuntungan lain penggunaan Open Office adalah kita terhindar dari namanya ‘membajak’. Mengapa begitu? Karena jika kita ingin menggunakan aplikasi office dari Microsoft otomatis harus mengeluarkan uang. Tapi banyak orang sangat enggan untuk mengeluarkan uang apalagi dalam jumlah yang banyak, akhirnya banyak yang akan menggunakan aplikasi yang bajakan saja supaya gratis. Dan hal tersebut memang ilegal dan tidak diperbolehkan. Tapi kalau kita pakai Open Office, dengan software yang gratis hanya download saja di www.openoffice.org kita tidak perlu mengeluarkan uang dan tidak dikategorikan membajak.
Mempelajari tentang Open Office juga merupakan bagian dari Jurusan Teknik Informatika pada mata Kuliah Aplikasi Perkatoran yaitu bagaimana cara kita menghemat pembiayaan dari sebuah perusahaan atau instansi tertentu dalam pekerjaannya. Silahkan Kunjungi http://blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2012/11/24/jurusan-teknik-informatika/

No comments

Powered by Blogger.